Jum'at,  03  Mei  2024 |  WIB Selamat Datang di Pengadilan Negeri Jakarta Barat Kelas 1A Khusus , Jl. Let. Jend. S. Parman Kav. 71, Slipi, Palmerah Jakarta Barat Telp. (021) 53661110 e-mail : pengadilanjakartabarat@gmail.com ---- Info Kontak Delegasi : e-mail : delegasi.pnjakbar@gmail.com, Fax. (021) 5366-1108.
MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA
PENGADILAN NEGERI JAKARTA BARAT
KELAS 1 A KHUSUS
Jl. Let. Jend. S. Parman Kav. 71 Slipi Palmerah Jakarta 11410


Rapat Pembinaan Dan Pengawasan Serta Monitoring Dan Evaluasi Hakim Pengawas Bidang Oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat



Kamis, 14-03-2024 | 02:16:13 WIB



*PNJB, 14 Maret 2024*

Rapat hari ini dibuka oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Bapak Achmad Satibi, S.H., M.H., bersama para Hakim selaku peserta rapat untuk membahas tentang pembinaan dan pengawasan di lingkungan Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Dalam rapat ini Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Bapak Achmad Satibi, S.H., M.H., mengingatkan kembali kepada para hakim untuk meningkatkan serta menjalankan kode etik dan perilaku hakim dengan sepenuh hati.

Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Bapak Achmad Satibi, S.H., M.H. menekankan bahwa Maklumat Ketua Mahkamah Agung Nomor 01/Maklumat/KMA/IX/2017 tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya. Perma Nomor 7, 8 dan 9 tahun 2016 sebagai aturan yang dibuat untuk meningkatkan integritas kinerja agar tidak melenceng dari koridor hukum yang sudah ditentukan dan berlaku. Perma Nomor 7, 8 dan 9 tahun 2016 adalah aturan-aturan yang dikeluarkan oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia yang berisikan pedoman, aturan dan pegangan bagi Hakim terkait penegakan disiplin, tentang pembinaan dan pengawasan oleh atasan langsung dan tentang pedoman pengaduan (whistleblowing system) di Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada di bawahnya.

Selain itu, rapat ini membahas susunan hakim pengawas bidang yang baru, menghimbau kepada rekan rekan hakim agar melakukan pengawasan dibidangnya masing masing seminggu sekali agar pengawasan berjalan dengan maksimal, seperti hakim pengawas kepaniteraan pidana untuk memeriksa keakuratan data, SIPP, Upaya hukum, dan e-berpadu. Lalu, kepada rekan hakim pengawasan kepaniteraan perdata dihimbau juga untuk melakukan pengawasan mengenai SIPP, Upaya Hukum, Surat Tercatat/delegasi, dan Eksekusi.

Dengan upaya pembinaan dan pengawasan yang berkelanjutan, Pengadilan Negeri Jakarta Barat bertekad untuk terus meningkatkan kualitas dan profesionalisme dalam penegakan hukum serta memberikan keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

#mahkamahagungri
#badilummari
#ptdkijakarta
#pnjbbisa
#berakhlak
#banggamelayanibangsa
 



INFORMASI CEPAT